Jumat, 19 April 2013

Wedding Venue di Magelang

Perasaan cepet aja waktu berjalan. Perasaan baru kemaren *desember* lamaran dan sekarang udah April, dan belum ada progres APAPUUN!! ╮(╯_╰)╭ 

Terlalu berlebihan sih kalau belum ada progres apapun, paling ngga udah ada satu hal yang udah pasti yaitu venue alias tempat nikahan. Ah, ngomongin masalah venue, tempo hari seorang teman yang menjalankan bisnis Wedding Organizer di Jogja, Denny, nge-DM di twitter, nanya gedung nikahan di Magelang tu mana aja. Sekalian aja kalau gitu aku share yang aku tau di sini.

  • Gedung Serba Guna Tri Bhakti 
Gedung yang bentuknya kaya hanggar pesawat ini lokasinya terletak di dekat Hotel Atria atau daerah Trunan. Memang sedikit agak menjorok ke dalam, tapi setelah kita masuk akan melihat areal yang mengantong dan sangat luas. Bangunan gedungnya benar-benar mirip hanggar pesawat tanpa tambahan apapun. Untuk di Magelang, kurasa hanya gedung ini yang ideal untuk  menampung tamu undangan yang jumlahnya >3000 orang (>1500 undangan). Karena luas dan "polos" maka gedung ini sangatlah fleksibel untuk berbagai gaya dekorasi. Konsekuensinya tentu saja alokasi dana dekorasi pun juga harus ehm.. fleksibel hehe.. Sebagai gambaran, salah seorang kawannya Mama sekitar 7 tahun lalu pakai gedung ini saat punya hajat, dan denger-denger dekorasinya memakan biaya sekitar 60jutaan. Sedangkan untuk cerita yang tahun ini katanya ada yang sampai tembus seharga mobil Honda Jazz. Hehehe.. kalau saya mah.. cukup bilang WOW aja.
  •  Gedung Jend. A. H. Nasution
Ini adalah venue yang akan kugunakan. Terletak di Jl. Gatot Subroto atau tepatnya di dalam kompleks AKMIL atauu lebih tepaaaattnya lagi di seberang  toko keluarga kami hehe... Dilihat dari nama dan lokasinya maka akan sangat mudah ditebak kalau gedung ini milik AKMIL. Namun demikian masyarakat umum diperbolehkan untuk menggunakan gedung ini asalkan tidak bersamaan dengan acara di AKMIL.
Gedung ini berbentuk pentagon. Terdiri atas dua lantai yang disewakan secara terpisah. Untuk lantai bawah berlantaikan marmer, dan banyak pilar-pilar besarnya. Sedangkan untuk yang lantai atas berupa atrium tanpa pilar dan lantainya parquet. Kalau boleh dibilang gedung ini paling ideal di Magelang karena fasilitasnya paling lengkap, bahasa londonya ready to use. Gedung ini sudah dilengkapi dengan standing ac mengelilingi ruangan di setiap sisinya, baik lantai atas maupun bawah. Fasilitas bigscreen pun juga sudah ada sebanyak dua buah di setiap lantainya. Ruang make up tidak terlalu besar tapi ada dan cukup bagus serta dilengkapi cermin-cermin besar. Toilet tamu maupun keluarga pun juga memadai baik jumlah maupun kualitasnya, ah juga lokasinya sangat mudah dijangkau. Selain itu juga disediakan kursi vip tanpa cover sejumlah err.. entah 500 atau 800 buah.
Sewa gedung ini:
Lantai bawah 12.5juta
Lantai atas 17.5juta
Harga tersebut belum termasuk kebersihan, keamanan, parkir, screen, dan genset.
  • Hotel Manohara Borobudur
Aahh my dream wedding venue yang ga bisa terwujud hehe.. pengen banget bisa nikah di candi terbesar yang pernah masuk Tujuh Keajaiban Dunia ini. Tapi apa daya nikahan diputuskan diadakan di bulan Desember yang artinya bakal ketemu musim ujan. Dan venue ini merupakan tempat pesta outdoor. Huaaa.. kecewa sekaliii... ╮(╯_╰)╭
Hotel Manohara merupakan satu-satunya hotel yang terletak di dalam kompleks Candi Borobudur. Dengan lokasinya yang istimewa itu, hotel yang sebenarnya biasa saja ini menjadi memiliki nilai jual yang tinggi. Venue yang bisa digunakan ada dua, yang areal taman dengan kolam dan air mancur di tengahnya dan satu lagi sebuah pendopo dengan areal rerumputan di sekitarnya. Venue yang kedua ini yang kuincar. Kalau biasanya orang pakai pendopo untuk pelaminan, aku dulu membayangkan justru tumpukan stupa di kejauhan itulah backdrop pelaminanku. Cantik sekalii :') *sigh* ya sudahlah, meski ga kesampean tetep harus move on T-T
Sewa venue Hotel Manohara:
Lupa deh harganya, yang jelas harus disertai pengambilan 20 kamar. Rate terakhir kalo ga salah sekitar 9xx ribu/kamar.
  • Gedung Wiworo Wiji Pinilih atau ex-DPRD
Gedung ini adalah gedung yang paling laris di Magelang. Gimana ngga laris? Parkiran luas, gedung relatif luas dengan atap langit-langit yang tinggi, lokasi mudah dijangkau, dan yang utama adalah harga sewanya sangat sangat terjangkau untuk kebanyakan orang. Hmm kekurangannya sih gedungnya udah rada tua aja, tp dengan dekor yang cihuy rasanya bisa jadi solusi.

Sewa gedung ex DPRD:
1.750rb plus bla bla bla jadi 2.500rb
  • Areal ex- Karesidenan Kedu
Ini adalah lokasi alternatif untuk yang ingin konsep resepsi outdoor selain di Manohara. Tempat yang disewakan berupa teras (yep! Teras alias emperan rumah hehe) dan halaman belakangnya. Jangan terpengaruh kata teras dan emperan yang aku gunakan ya.. meski "hanya" berupa teras namun tempat ini punya daya tarik sendiri sebagai wedding venue. Bangunan khas kolonial dengan areal rerumputan yang terawat jadi nilai plus. Juga tidak lupa posisinya yang menghadap ke barat, pemandangan lembah sungai progo dan kaki gunung entahlah menghampar dengan cantiknya. Untuk sisi historis, bangunan ini merupakan lokasi penangkapan Pangeran Diponegoro oleh pihak Belanda karena dianggap melakukan pemberontakan. Yaa..rada ga enak didenger sih sejarahnya hehe..
Ulasan lebih lanjut bisa dibaca di sini.
Biaya sewa:
kayanya sih 4,5 juta apa yak.. coba ntar aku cari2 infonya.
  • Gedung Sudirman, Panca Arga
Gedung ini terletak di dalam kompleks rumah dinas Akmil, Panca Arga. Meskipun terletak di dalam kompleks pemukiman, namun gedung ini relatif mudah dicari. Gedung ini sudah direnovasi dan wajah barunya cukup "segar". Kapasitasnya ku rasa ada di kisaran tidak lebih dari 400undangan. Yang menarik dari gedung ini adalah di sampingnya terdapat sekumpulan pohon cemara, seperti hutan mini. Sayang, biasanya hanya dimanfaatkan sebagai lahan parkir. Aku berharap suatu saat dapet undangan di sini dan venue yang dipakai adalah areal cemaranya, aaahh pasti cantik sekali. *Obsesi outdoor wedding*

Biaya sewa Gedung Sudirman:
Kalau kata Mama sih cuman ngisi kas doang. Hehe tapi ga tau tuh valid ngga infonya.
  • Gedung A.Yani
Terletak di Jalan Gatot Subroto, sekitar beberapa ratus meter di utara Gedung AH.Nasution. Mulanya gedung ini merupakan gedung andalan Kota Magelang sebelum ada gedung Nasution dan pemugaran Gedung Wiworo Wiji Pinilih, namun sekarang pamornya agak berkurang karena bangunannya yang sudah cukup usang.

Biaya sewa:
  • Borobudur Golf Resto & Club House
Meski menggunakan nama candi terbesar itu, namun lokasinya relatif jauh dari kompleks Candi Borobudur. Venue ini terletak di jalan Gatot Subroto. Yep. Another venue di satu deret jalan hehe..

Venue ini sebenarnya kurang ideal, IMHO, jika digunakan untuk pesta resepsi ala orang kita, Indonesia. Sudah jelas karena tempatnya terlalu kecil dan pesta resepsi orang kita selalu identik dengan mengundang ratusan orang. Beda cerita kalau dibuat undangan yang sangat terbatas (hmm maksimal 100orang mungkin??) baru deh pemandangan hamparan hijaunya padang golf yang ga terlalu luas itu bisa dinikmati. Dengan catatan ditambah caddy dan golfer yang akan banyak lalu lalang di sana tentunya, karena areal golf tidak ditutup meski restonya fully booked dan sedang digunakan untuk acara wedding.
Biaya sewa:
Yang pasti harus pakai katering resto ini. Terakhir kali tau sih mulai 60rb/pax.
  • Artos Aerowisata
Dibukanya beberapa hotel baru di Magelang menambah opsi wedding venue bagi para calon manten macem saya. Ngga banyak yang bisa saya ceritakan di sini. Namanya ballroom hotel ya standar lah.. lantai karpet, lampu kristal, parkir memadai, AC built in, dapet kamar suite, semua ideal. Hanya saja seperti kebanyakan hotel lain, Artos menyediakan wedding package yang artinya kita tidak leluasa memilih vendor. Karena saat kita menggunakan vendor non mitra akan dikenai charge yang tidak sedikit. Untuk paketnya all in start from 40.000.000 IDR untuk 300pax. Untuk penambahan porsinya Rp1xx.000/pax. Ah iya, jangan khawatir mengenai dokumentasi, mereka pakai The Photoworks, jasa fotografi di Magelang yang kualitasnya oke punya.
  • Atria Hotel
Ngga banyak yang bisa dijelaskan, kurang lebihnya sama dengan Artos. Hanya aja marketingnya Artos lebih ramah dan helpful saat aku tanya-tanya tentang paket weddingnya. Jadi males banyak tanya sama si marketingnya Atria.
Fiuuh cape.. sementara ini dulu. Next time disambung lagi, sekalian update foto lokasinya. \(^,^)/