Senin, 10 Juni 2013

Vendor Katering: Budget vs Rasa vs Tampilan

Aaahh Thank Goooodddd... akhirnya udah kasi DP vendor katering setelah sekian lama semedi pilih pilih yang sesuai di hati, di kantong, di mata, dan tentu aja.. di lidah hehe.. 


Konon katanya, hal yang paling penting dalam sebuah pesta resepsi adalah makanan. Karena makanan adalah wujud penghormatan tuan rumah terhadap tamu yang hadir. Memang, makanan yang disajikan tidak perlu selalu mewah dan mahal , yang penting adalah pantas dan cukup jumlahnya. Begitu pentingnya jamuan untuk tamu, proses pemilihan vendor katering ini membutuhkan perhatian khusus yang berbeda dengan vendor lain. 

Ada beberapa hal yang aku jadikan patokan dalam memilih vendor katering:

1. Harga 
Makanan merupakan porsi terbesar dalam komposisi budget pesta pernikahan. Untuk menjaga dana yang ada mengalir right on track, maka aku harus ketat dalam memilih vendor katering dari aspek harga. Selisih Rp10.000/porsi artinya adalah Rp20.000.000 jika kita mengundang 2000 tamu. Ehm, big money, eh

2. Reputasi
Aspek ini ngga kalah penting dari aspek harga, dan menurutku jauh lebih penting dari aspek rasa. Kenapa? Karena tidak ada artinya makanan selezat apapun jika belum setengah jalan acara namun makanan sudah habis, atau banyak sisa makanan berceceran di lantai. Tidak jarang kutemui ada katering yang membawa perabot makan yang tidak sesuai dengan jumlah porsi, sehingga ada adegan cuci piring dan gelas. Kalau bisa hindari katering semacam ini. Reputasi katering meliputi: Kemampuan menghitung makanan dan perabot makan, kejujuran, kebersihan, kontrol di lapangan, dan hubungan baik dengan vendor lain.

3. Rasa
Apa yang harus ku jelaskan? Hehe.. kukira semua orang sudah paham akan hal ini. Jika memungkinkan lakukan foodtest lokasi tidak hanya sekali. Tujuannya adalah untuk menguji konsistensi rasa dan reputasi tadi. Karena tidak jarang pihak katering meng-outsource-kan menu tertentu.Satu hal yang kuperhatikan, kebanyakan vendor enak di gubukan tapi so-so di buffet. Entah kenapa.

4. Tampilan
Ini faktor yang tidak terlalu penting, namun tidak ada salahnya diperhatikan sebagai aspek estetik. Yang dimaksud tampilan adalah plating (halah, korban Master Chef), kerapian seragam tim katering, dan dekorasi stall. Ah iya, buat yang belum tau, kebanyakan katering bertanggung jawab atas dekorasi areal makan. Jadi jangan lupa pastikan koordinasi mengenai hal ini.



Itu tadi beberapa hal yang aku jadikan patokan dalam memilih vendor katering pernikahan. Ada beberapa hal lain yang juga menurutku penting, tapi sengaja tidak kumasukkan ke penjelasan di atas: kenyamanan komunikasi dengan marketing katering. Hal ini bukan sesuatu yang berdasarkan "hitungan logis", namun lebih ke emosi. Saat kita nyaman berkoordinasi, maka semua akan berjalan lebih baik. Soalnya udah sreg dulu. 

Oh iya, ada tambahan lagi. Jika rentang waktu acara lebih dari dua-tiga jam, jangan lupa dibicarakan dengan pihak katering. Karena biasanya akan ada biaya tambahan untuk setiap kelebihan waktunya.

Beberapa katering yang sempat ku survey:

1. Lupa namanya- Temanggung
Ownernya adalah seorang pensiunan polisi. Katering ini sangat populer, karena terjangkau, kapasitasnya besar, dan menunya beragam. Jika sudah sampai di kota Temanggung bisa tanya ke warga sekitar untuk lokasinya (dont ask me , aku buta arah). Yang jelas lokasinya di tengah kotanya trus masuk gang.

Pros: harga standar, varian menu banyak, skala besar 

Cons: banyak rumor mengatakan mereka banyak meng-outsource menu sehingga rasa tidak konsisten, tidak ada limit order dalam satu hari.

Note: tengklengnya enak 

2. Vas - Temanggung
Katering ini relatif baru, meski begitu punya banyak pelanggan yang dengan senang hati merekomendasikannya ke orang lain. Lokasinya sebelum "kota" Temanggung. Jangan tanya aku lokasinya, dulu pun nyasar dan sekarang lupa hehe.. Kalau ngga salah pasar Kranggan trus belok kanan. 
Dulu pernah ke resepsi yang pake Vas ini, makanannya biasa banget kalo ngga mau dibilang kurang enak. Tapi staf, kru lapangan, dan leader lapangannya luar biasa ramah dan sigap. 

Pros: harga standar, bersih, perabotan dan dekorasi bagus dan baru banget, pelayanan bagus. Reputasi bagus.

Cons: rasa kurang, varian menu terbatas dan tidak bisa custom. 

Note: -Untuk rangkaian acara non-resepsi akhirnya aku pakai jasa Vas. Aku tidak sempat makan, namun keluarga suami dan kru vendor lain banyak yang memuji makanannya enak. Bahkan ada yang ngaku kalo makan baksonya sampe nambah 2 kali hehehe.. 
-Tambahan lagi, tidak ada biaya transportasi untuk Kota Magelang (batas paling selatan adalah Gedung Wiworo Wiji Pinilih/eks DPRD). Karena rumahku di Kabupaten Magelang, maka dikenakan biaya tambahan 500ribu sekali jalan (setiap satu acara). 
-Aku puas dengan pelayanan mereka (ngga bisa komentar rasanya karena memang ngga sempat nyicip). Akan kupertimbangkan untuk memakai jasa mereka lagi kelak.

3. Sari Rasa - Magelang
Katering papan atas di Magelang. Soal rasa, seperti namanya, tidak ada yang menyangkal kelezatannya. Tapi juga seperti namanya, mereka hanya fokus ke rasa. Kalau pake katering ini mesti koordinasi sama pihak dekor untuk penambahan dekorasi di sekitar meja plus area VIP. 
Lokasinya di daerah Bayeman,  Kota Magelang. Tepatnya sebelah timur hotel Lokasari, atau belakangnya Apotek Borobudur.

Pros: Enak pake banget. Ga ada yang menyangkal kelezatannya. Pembatasan order maks. 2 klien dalam sehari. Owner mengawasi langsung. Owner strict dan perfeksionis. Bisa paketan dari pengajian sampai bingkisan untuk keluarga juga.

Cons: Lumayan mahiil.. meski ngga banget , ga ada dekor sama sekali bahkan sekuntum bunga pun, owner yang strict jika tidak didukung dg vendor lain yang legowo bisa jd potensi konflik.

4. Karunia - Jogja
Lokasi di jalan Kaliurang km 5, diurutin aja, ntar ada plangnya di timur jalan. Masuk gang dikit. 
Katering ini papan atasnya di Jogja. Ngga ada yang bisa dikomentari, selama budget nya masuk. 

Pros: harus bilang apa? Hehe.. papan atas mamen.. ngga ada biaya transport tapi diberlakukan harga luar kota (entah kenapa aku lebih suka model seperti ini)

Cons: Mayan mehong tapi masih terjangkau dan sebanding dengan layanannya. 

5. Dani - Jogja
Lokasi di daerah Jombor. Agak masuk dikit, lupa juga gangnya yang mana. 
Another high-end one. Katering yang dirintis oleh sang ibu dan kini mendapat sentuhan modern dari sang anak.

Pros: papan atas mamen.. dekornya juga keren, pake gebyok-gebyok mini. kostum bisa custom dg biaya tambahan. Menu fleksibel (bisa request).

Cons: selama aku survey katering, ini yang paling mahal selain Anggrek - Semarang. biaya transport mayan gede juga. Waktu itu di simulasiku dikenakan 5 atau 6 juta untuk tambahan transportasi.

6. Salsa - Jogja
Lokasinya di sebelah barat balai kota, sisi utara jalan. 
Katering ini juga termasuk angkatan seumur Karunia dan Dani, namun dengan klasifikasi harga di bawahnya. 
Marketingnya ramaaaahh.. banget. Sampe bingung waktu mau menyampaikan kalo ngga jadi pake mereka.

Pros: harga standar, marketingnya baik banget sampe bikin sungkan, beberapa kali liat di lapangan bagus dan mayan bersih, armada transportasi besar sehingga untuk klien luar kota chargenya ngga terlalu banyak. Kalau ngga salah cuma 500rb sampai Magelang.

Cons: dekorasinya old-fashioned. Sebenarnya waktu kusampaikan kalau ngga jadi karena faktor dekorasi, pihak marketingnya menjanjikan bisa diatur sesuai permintaan. Namun aku dan Mama terlanjur kena pelet  katering yang di bawah ini :D

7. Sirikit - Jogja
Konon katanya dulu "orangnya" Anggrek-Semarang (mas Stanlus protes ntar kalo disama-samain sama Anggrek terus hihihi..). Ngeliat menu dan gaya tampilannya sih Anggrek bangettt. Bedanya dengan harga terjangkau hahaha.. versi lebih murahnya lah..
Lokasinya di Baciro, deketan sama Bowie salon / Brimob.  Mereka punya WO juga, namanya Kapulaga.

Pros: Anggrek-style with affordable price. Hubungan baik dengan vendor lain. Gaya dekorasinya asik dan terus berganti secara berkala, tampilan makanannya cakep udah gitu henyaakk, seragamnya rapi, porsinya juga pas, ngga mungil-mungil amat.

Cons: Katering baru (5tahun), reputasi belum benar-benar teruji.  Charge untuk klien luar kota mayan gede. Aku kena 6 juta untuk transportasi sampe Magelang.

Note: -Aku pakai katering ini untuk resepsi di gedung. Banyak komentar berdatangan selepas acara, baik dari teman, keluarga, tamu yang mengatakan bahwa kateringnya enak sekali. Bahkan semua menu katanya enak.
-Favoritku adalah mix fruit punch. Minuman ringan yang segar dan tidak terlalu manis. Juga bikin kesan eksklusif. Nasi bebek nya juga enak, disajikan di mangkuk dari pangsit goreng. Garang asemnya lebih enak lagi. Kebabnya juga manteb banget sih.  Anu, es puter duriannya dulu ga kebagian deh.. Aaahh sudahlah.. semoga ada undangan resepsi yang pake Sirikit dalam waktu dekat ini  >_<

8. Ibu Supardi - Jogja
Lokasinya di Kotagede. 
Banyak teman merekomendasikan katering ini karena rasa, harga dan reputasi. Hanya aja waktu aku ke sana, stafnya ngga ngerti produk. Saat aku minta simulasi, slow respond dan simulasinya terkesan sekenanya. Jumlah undangan x 2 x porsi menu. Misal buffet: 1000und x 2 x 25.000, trus ditambah baso 1000und x 2 x 8000, trus misal dimsum 1000und x 2 x 12000 , dan selanjutnya. Padahal setahu aku, komposisi jumlah porsi tidak semua dikalikan jumlah tamu, namun ada kombinasinya. 

Pros: ada beberapa teman yang udah pake dan katanya puas.

Cons: entahlah.. ngga sreg sama stafnya dan hitungan simulasinya.


Lalu katering mana yang aku pilih? Untuk resepsi gedung aku pilih Sirikit. Sedangkan untuk di rumah aku pilih Vas.

11 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas apresiasinya mengenai Katering Sari Rasa Magelang. Kami selalu terbuka akan perbaikan kerja secara profesional demi dapat melayani selera rasa para pelanggan. Untuk mengetahui kiprah kami, silakan mampir berkunjung ke sarirasamgl.blogspot.com/‎ atau menghubungi kami langsung sesuai alamat yg tercantum di dalam blog kami. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ngga ngira bakal dikunjungi Katering Sari Rasa. Jadi terbayang sayur jipang sego liwetnya :D
      Terima kasih atas kunjungannya. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk kemajuan Katering Sari Rasa.

      Hapus
  3. Silakan kunjungi http://sarirasamgl.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://sarirasamgl.blogspot.com/p/profil-usaha-katering.html

      Hapus
  4. Supardi sangat tidak recomended...udah gak enak...bukti dah banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kah mas?
      Saya sendiri hanya pernah mencoba nasi boksnya di sebuah acara. Belum pernah melihat/mencicip untuk resepsi/pesta.
      Waktu itu sebenarnya diundang untuk food test di Wanitatama, tapi karena saya sudah ngga sreg sama penerimaan di kantornya jadi saya urungkan untuk berangkat.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Review blognya bagus deh. Aq rencana hajatan 4 bulan lgi. Doain yaa :) kok aku malah cocok ama catering ibu Supardi ya, mbak? Dari segi rasa n harga. Ditambah rekomendasi temen2 kantor, aku manteb pake.tpi masih bingung soal makeup artistnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Fadila, terima kasih sudah mampir.
      Waa 4 bulan lagi acaranya? Semoga dilancarkan segalanya ya.. ;)
      Vendor itu memang cocok2an kok. Selama pengguna jasanya sreg, maka itulah yang terbaik. Temenku ada yang dulu nikahan pakai katering ibu Supardi dan dia puas. Mungkin kebetulan aja aku dapet staf marketing yang ngga bagus.
      Untuk jasa rias bisa dibaca di http://dianisnawati.blogspot.com/2013/05/vendor-paes-manten.html

      Hapus
  7. In this holy month full of blessings...
    HIS Kologdam Grand Ballroom provides a special promo this month to those of you who want to do a wedding! We provide an all in package to facilitate your marriage which will be assisted by a wedding consultant, wedding planner, and wedding organizer. Only by booking a fee of IDR 5,000,000 you will get:
    1. Umrah for couple
    2. THR up to 30 million
    3. Hampers for Eid al-Fitr

    Terms and Conditions apply.
    For more info contact Ayu (WA 081324570721)

    BalasHapus