Senin, 02 November 2015

Wedding Venue di Magelang: Gedung Bakorwil / Ex-Karesidenan Kedu

Gedung utama dilihat dari gazebo

Perasaan sejak di Semarang jadi males-malesan nulis tentang wedding hehe.. Malah jadi rajin nulis kulineran mulu. Padahal kalau dilihat-lihat pengunjung blog-ku kebanyakan nyari info persiapan pernikahan. Yaah.. harap maklum lah kalau pemilik blognya tukang jajan, jadi yang diinget-inget soal makan terus.

Baiklah, kali ini saya akan insyaf dan kembali ke hakikat dibuatnya blog ini hohoho.. Topik tulisan kali ini adalah salah satu wedding venue alias gedung resepsi yang biasa disewa untuk pesta pernikahan, yaitu Gedung Bakorwil atau biasa dikenal dengan nama Gedung Ex-Karesidenan Kedu. Lokasinya berada di dekat Perdana. Ah, ga usah dijelasin lah ya.. Yang browse sampe sini palingan juga orang Magelang. Dan orang Magelang pasti tau juga lokasinya. Kalaupun ga tau, coba nanya Bapak-Ibunya deh. Kalau masih ga tau juga, tanya Google Map hihihi... 


Di depan teras ada area berpaving yang biasanya ditutup dengan tenda
Lorong drop-off yang biasa digunakan untuk area buku tamu

Sebetulnya kurang tepat kalau aku menyebutnya sebagai gedung resepsi karena wujudnya venue ini bukan berupa gedung. Area yang disewakan adalah sebuah teras dan halaman belakang. Err.. melas banget ya? Heitss.. jangan bayangin halaman belakang rumah biasa. Tempat ini dulunya adalah gedung, lupa deh.. kalau ngga rumah ya kantor, milik pejabat Belanda. Makanya bangunannya bergaya artdeco yang cantik. Ngga cuma bangunannya yang indah bergaya khas kolonial namun juga pemandangannya yang cantik menghadap lereng, lembah dan gunung. Tidak heran venue ini jadi pilihan untuk melangsungkan pesta resepsi outdoor alias pesta kebun yang romantis. 

Teras menghadap ke halaman belakang dengan pemandangan yang memanjakan mata
Lampu hias dan lantai marmer, sebuah kemewahan klasik
Fasilitas yang disediakan oleh pengelola berupa teras dan halaman belakang (berpaving dan area rumput), gazebo, area parkir, ruang transit, dan kamar mandi. Di area ini juga ada masjid kecil (apa mushola?) yang bisa digunakan untuk melangsungkan akad nikah. Juga tersedia ruang rapat yang bisa digunakan untuk ruang rias dan ganti baju bagi keluarga dengan biaya tambahan.

Masjid yang bisa digunakan sebagai lokasi akad nikah
Area parkir 1
Jalan dari parkiran menuju lokasi resepsi

Kelebihan venue ini adalah pemandangan indah dan gedungnya yang bergaya kolonial menjadikan Gedung Bakorwil sebagai salah satu venue terbaik outdoor wedding di Magelang. Area parkirnya cukup luas. Lokasi di pusat kota Magelang. Harga sewa menurutku cukup terjangkau.

Gazebo di taman yang bisa digunakan sebagai area foto
Area parkir 2
Kekurangannya adalah meskipun harga sewanya tidak mahal, namun hati-hati dengan total biayanya. Karena ini luar ruang dan Magelang cukup tinggi curah hujannya, bisa dibilang tenda wajib ditambahkan di sini. Selain biaya tenda yang cukup besar, pemasangan propertinya pun cukup tricky karena angin di sini cukup kencang. Harus koordinasi dengan baik terutama dengan pihak dekorasi dan katering berkaitan dengan properti yang mudah jatuh (terutama vendor dari luar kota yang belum kenal karakter venue ini). Kekurangan yang lain adalah gedung yang agak usang dan membutuhkan perawatan lebih serta ruang ganti yang relatif seadanya. Meski ruang gantinya cukup luas, namun tidak ada sekat penutup dan cermin. Tentu saja karena memang aslinya ruang rapat, bukan ruang ganti hehehe.. 

Bangunan kolonial yang bernilai artistik dan sejarah
Untuk alternatif tempat resepsi lain bisa baca tulisanku sebelumnya: Wedding Venue di Magelang.